Wednesday, December 5, 2018

Ini Lho 2017 Oscar Winner Predictions

Tak hingga seminggu lagi Academy Awards alias Oscar 2017 bakal memilih pemenangnya, dan sudah merupakan rutinitas bagi penggila film menciptakan prediksi siapa saja yang bakal membawa pulang piala. Baik di kolom komentar blog hingga media sosial, banyak pembaca semenjak jauh hari bertanya kapan prediksi saya dibuat. Kenapa gres sekarang? Agar saya berkesempatan menonton lebih banyak didominasi nominee serta menunggu hasil ajang penghargaan lain (PGA, WGA, DGA, dan sebagainya) sebagai alat bantu. Dua tahun terakhir, dari 21 kategori saya hanya sanggup menebak tepat 15 di antaranya. Semoga tahun ini lebih baik. Perlu diingat bahwa Oscar bukan sekedar mana yang terbaik. Ada unsur politik (negara dan industri), selera juri, dan masih banyak lagi faktor di samping kualitas. Yep, Oscar isn't just about qualityBerikut daftar prediksi pemenang Oscar 2017 versi Movfreak.

Will Win: Prediksi saya untuk pemenang sebuah kategori.
Could Win: Kuda hitam yang punya potensi menang.
Should Win: Pilihan eksklusif yang saya anggap terbaik untuk sebuah kategori.

BEST VISUAL EFFECTS
"The Jungle Book" yakni breakthrough bagi efek visual di mana CGI tepat menghidupkan binatang serta setting senyata mungkin. "Doctor Strange" punya visual unik, tapi mengingat "The Jungle Book" hampir seutuhnya CGI (and it's amazing), peluangnya jauh lebih besar.
Will Win: The Jungle Book
Could Win: Doctor Strange
Should Win: The Jungle Book

BEST FILM EDITING
Penyuntingan gambar "Arrival" mulus dan menghanyutkan, tapi lihat bagaimana transisi "La La Land" khususnya pada penutup yang kolam visualisasi mimpi. 
Will Win: La La Land
Could Win: Arrival
Should Win: La La Land

BEST COSTUME DESIGN
Oscar cenderung memenangkan period drama di kategori ini, memberi kans pada "Jackie" dan glamoritasnya. Tapi juri amat menyayangi "La La Land" dan siapa bisa menyangkal keindahan warna-warni kostumnya?
Will Win: La La Land
Could Win: Jackie
Should Win: La La Land

BEST MAKEUP AND HAIRSTYLING
Kecil kemungkinan juri memberi "Suicide Squad" kehormatan menyandang status pemenang Oscar. "Star Trek Beyond" yang didominasi riasan alien berpeluang mengungguli naturalistik "A Man Called Ove".
Will Win: Star Trek Beyond
Could Win: A Man Called Ove
Should Win: Star Trek Beyond

BEST CINEMATOGRAPHY
"Lion" di luar dugaan memenangkan penghargaan dari ASC (American Society of Cinematographers). "Arrival" punya gambar magis. Tapi sekali lagi, "La La Land" lewat permainan warnanya takkan terbendung.
Will Win: La La Land
Could Win: Lion
Should Win: La La Land

BEST PRODUCTION DESIGN
Hollywood menggemari surat cinta akan kurun keemasan mereka, dan "Hail, Caesar!" sukses menghidupkan masa itu. Namun kemeriahan tata artistik David Wasco and Sandy Reynolds-Wasco masih yang terbaik.
Will Win: La La Land
Could Win: Hail, Caesar!
Should Win: La La Land

BEST SOUND MIXING
Musikal cenderung menjadi favorit di kategori ini, dan tata bunyi "La La Land" berpadu harmonis, meski gemuruh "Hacksaw Ridge" sejatinya lebih mumpuni.
Will Win: La La Land
Could Win: Hacksaw Ridge
Should Win: Hacksaw Ridge

BEST SOUND EDITING
Sebaliknya, kategori Sound Editing condong ke blockbuster bombastis. Kebingungan yang kerap terjadi pada juri Oscar mengenai definisi dua kategori tata bunyi sanggup menguntungkan "La La Land".
Will Win: Hacksaw Ridge
Could Win: La La Land
Should Win: Hacksaw Ridge

BEST ORIGINAL SONG
Seluruh lagu "La La Land" pantas menerima nominasi. "City of Stars" selaku lagu tema yang dikenal luas tentu jadi unggulan.
Will Win: City of Stars 
Could Win: Audition
Should Win: City of Stars

BEST ORIGINAL SCORE
Tidak peduli orkestra "Jackie" menghipnotis dan "Lion" bisa menggabungkan unsur tradisional dan modern, ketika musikal jadi unggulan utama, kategori macam ini takkan berpeluang direbut film lain.
Will Win: La La Land
Could Win: -
Should Win: La La Land

BEST DOCUMENTARY - FEATURE
Kebetulan dari sekian banyak dokumenter yang saya tonton di 2016, satupun tak masuk nominasi. Kelima nominee belum sempat saya tonton. Tapi informasi rasial melancarkan kemenangan "O.J.: Made in America".
Will Win: O.J.: Made in America
Could Win: I Am Not Your Negro
Should Win: -

BEST FOREIGN LANGUAGE FILM
Pertarungan "The Salesman" melawan "Toni Erdmann". Larangan Asghar Farhadi memasuki Amerika justru memberi momentum bagi filmnya, tak peduli "Toni Erdmann" demikian terkenal dan hendak di-remake dengan Jack Nicholson sebagai bintang film utama.
Will Win: The Salesman
Could Win: Toni Erdmann
Should Win: The Salesman

BEST ANIMATED FEATURE FILM
Kecuali para juri lebih terpukau pada sisi artistik "Kubo and the Two Strings" ketimbang dongeng kaya "Zootopia", pemenang sudah bisa dipastikan. Walau bagi saya "Moana" tetaplah paling menyihir.
Will Win: Zootopia
Could Win: Kubo & the Two Strings
Should Win: Moana

BEST ADAPTED SCREENPLAY
Satu dari dua kategori yang berpeluang direbut "Moonlight". Juri tentu takkan melewatkannya kecuali siap dihujat para penggemar film itu. Kemenangan di WGA pun menguatkan peluang. "Arrival" yang juga memenangkan WGA dan arif meramu kisah kehidupan "berkedok" invasi alien sejatinya lebih pantas.
Will Win: Moonlight
Could Win: Arrival
Should Win: Arrival

BEST ORIGINAL SCREENPLAY
"Manchester by the Sea" telah memenangkan setumpuk penghargaan bagi naskah. "La La Land" punya kans andai juri begitu terpikat padanya.
Will Win: Manchester by the Sea
Could Win: La La Land
Should Win: Manchester by the Sea

BEST SUPPORTING ACTRESS
Sejatinya Viola Davis yakni lead, dan masuknya ia di kategori pendukung membuatnya tak tertandingi.
Will Win: Viola Davis 
Could Win:
Should Win: Viola Davis

BEST SUPPORTING ACTOR
Kemenangan Mahershala Ali sudah bisa dipastikan, kecuali Dev Patel yang memenangkan BAFTA menggeliat. Jeff Bridges dengan lontaran obrolan memikat jadi yang terbaik. Ketiadaan Aaron Taylor-Johnson amat disayangkan.
Will Win: Mahershala Ali
Could Win: Dev Patel
Should Win: Jeff Bridges

BEST ACTRESS
Emma Stone melakoni dua kiprah sulit di dua momen audisi: mencurahkan emosi sambil bernyanyi dan mengekspresikan rasa yang tertahan. Kemenangan Isabelle Huppert di Golden Globe menjadikannya kuda hitam.
Will Win: Emma Stone
Could Win: Isabelle Huppert
Should Win: Emma Stone

BEST ACTOR
Casey Affleck awalnya diunggulkan, namun pasca kasus sexual abuse serta kemenangan Denzel Washington di SAG, momentum condong ke Denzel. Apalagi ia sosok yang dihormati di Hollywood dan sukses melakoni kiprah ganda, menyutradarai dan berakting.
Will Win: Denzel Washington
Could Win: Casey Affleck
Should Win: Denzel Washington

BEST DIRECTOR
Hanya orang super jenius yang sanggup mengkreasi rentetan musikal kompleks di "La La Land". Barry Jenkis berpeluang alasannya yakni filmnya salah satu kontender terkuat.
Will Win: Damien Chazelle
Could Win: Barry Jenkins
Should Win: Damien Chazelle

BEST PICTURE
Langkah "La La Land" sukar dibendung. Memenangkan PGA dan DGA serta Golden Globe dan BAFTA merupakan jaminan. "Moonlight" bisa jadi kerikil sandungan alasannya yakni dianggap film penting (which for me, isn't). Film penting bergotong-royong yakni "Hidden Figures" yang sedikit punya kans sesudah menang di WGA.
Will Win: La La Land
Could Win: Moonlight
Should Win: La La Land

Berikut yakni ranking saya bagi sembilan nominee film terbaik:
1. La La Land
2. Arrival
3. Fences
4. Manchester by the Sea
5. Hacksaw Ridge
6. Hidden Figures
7. Hell or High Water
8. Lion
9. Moonlight

Artikel Terkait

Ini Lho 2017 Oscar Winner Predictions
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email