Thursday, February 14, 2019

Ini Lho Departures (2008)

 Untuk pertama kali saya sengaja nonton film Jepang Ini Lho DEPARTURES (2008)
Untuk pertama kali saya sengaja nonton film Jepang. Stelah film Asia (selain Indonesia) yang kutonton dari China (IP Man, Bodyguard & Assassins) dan India (My Name is Khan,3 Idiots). Dan alesan nonton Departures ini yakni akren ni film berhasil menang Oscar kategori Best Foreign Film tahun 2009. Apa yang kita cari dari film pemenang Oscar? Kualitas tentunya!

Diceritain ada seorang pemain cello berjulukan Daigo yang gabung di sebuah grup orkestra di Tokyo. Suatu hari sebab persoalan keuangan, tuh grup dibubarin. Daigo yang gak punya talenta lain tentu aja bingung. Untuk ia punya istri yang pengertian (cantik juga) & selalu ngedukung apa yang ia lakuin. Daigo mutusin mudik buat cari kerja. Disana Daigo tinggal dirumah peninggalan ibunya yang udah meninggal pas ia masih kecil Ayah Daigo juga ninggalin ia pas umur 8 tahun. Makanya Daigo benci & sampe lupa wajah ayahnya.
 Untuk pertama kali saya sengaja nonton film Jepang Ini Lho DEPARTURES (2008)
Setelah nyari kerja, ia nemu iklan lowongan di koran. Ngerasa syaratnya simpel & gajinya gede, Daigo dengan pede ngelamar tanpa tahu pekerjaan apa itu. Dan ternyata itu adalh penyedia jasa merias & memasukkan mayat ke peti. Karuan ia bingung. Tapi karna gajinya gede, ia terima aja.
Sampe suatu hari istri & orang di sekitarnya tahu pekerjaan Daigo. Mereka pun nganggap tuh pekerjaan gak pantas. Nah, gimana nasib pekerjaan Daigo? Apa sang istri alhasil tetep ngedukung ato terus ninggalin dia? Dan apakah alhasil ia dapat ketemu sang ayah?

Terus terperinci ini film emang LUAR BIASA! Dari awal kita disuguhin drama yang menyentuh. Ngeliat gimana verbal keluarga yang ditinggal mati & harus ngeliat mayat kerabat mereka dirias untuk terakhir kali juga menyentuh banget. Satu poin penting adalah: Istri Daigo yakni istri yang laur biasa. Selain cantik, ia mau aja ngikutin semua harapan suami walopun sebenernya itu berlawanan sama kata hatinya. Dan sepanjang film ini kita bakal didengerin scoring orkestra yang luar biasa megah & bikin merinding.

OVERALL : Ini jadi bukti kalo film Asia gak kalah sama film Hollywood. Satu ekunggulan dari Asia yakni banyak adab istiadat mereka yang menarik buat diangkat jadi film kayak di Departures ini yang ngangkat tradisi merias & ngerawat jenazah

RATING : 

 

Artikel Terkait

Ini Lho Departures (2008)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email