Thursday, February 14, 2019

Ini Lho Balibo (2009)


Ini ia film yang beberapa waktu kemudian mengundang kontroversi di Indonesia. Kabarnya film ini mengandung muatan polistis yang sangat menyudutkan Indonesia. Film ini sendiri sempat dicekal di beberapa tempat di Indonesia termasuk pameran Jiffest. Tapi pelarangnan pemutaran film ini justru bikin penasaran. Saya sendiri merasa gak mungkin terdoktrin oleh film ini, makanya aku terus nyari nih film.

Dikisahkan 5 wartawan Australia sedang meliput ketegangan yang terjadi di Timor Leste tahun 1975. Saat itu Indonesia emang lagi nginvasi Timor Leste a.k.a Timor Timur. Kelima jurnalis ini nekat untuk meliput di tempat berjulukan Balibo yang berada bersahabat eprbatasan Timor Leste & Indonesia. Bahkan mereka nekat ngambil gambar Tentara Nasional Indonesia yang lagi mulai invasi. Dan sialnya mereka tertangkap tangan & diburu sampe ke sebuah rumah. Mereka berusaha meyakinkan kalo mereka yakni wartawan Australia. Apa mereka selamat atau malah dibantai disana? Beberapa bulan kemudian, Roger East seorang wartawan senior Australia


tetapkan tiba ke Timor atas ajakan Jose Ramos Horta, yang waktu itu masih seorang pejuang muda Fretilin. Roger sendiri tetapkan memeriksa hilangnya 5 jurnalis itu dan mendatangi Balibo walau udah diperingatkan. Apakah Roger berhasil menemukan fakta dibalik hilangnya para jurnalis tersebut?

Yah, film ini emang sangat menyudutkan Indonesia khususnya TNI. Mulai dari teks narasi, adegan, sampe obrolan antar tokohnya menggambarkan kalo Indonesia yakni negara kejam yang tentaranya asal bunuh warga. Tapi aku mencoba menyikapi film ini dengan netral. Toh aku gak tahu gimana kebenaran orisinil dibalik kasus ini. Film ini dibikin sedikit dokumenter. Ketegangan didalamnya juga dihasilkan dengan cukup baik. Adat & alam Timor juga tidak mengecewakan terkspos. Saya suka mendengarkan lagu tempat sana yang dinyanyikan oleh anak kecil yang terasa damai. Gak banyak yang dapat aku tulis alasannya yakni emang film ini sarat nuansa politis & aku coba bersikap netral. Film ini sendiri emang menurut dongeng nyata, tapi lewat sudut pandang Australia. Saya rasa Indonesia jangan cuma mencak-mencak protes menanggapi ni film. Buatlah film Balibo versi Indonesia yang berupa pembelaan kalo negara kita ini bukan negara bengis.

OVERALL: Kalo anda gampang terpengaruh film ini boleh ditinggalkan alasannya yakni film ini mendoktrin dengan "cukup baik". Kandungan thriller & dramanya sendiri cukup menghibur.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Balibo (2009)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email