Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho The Karate Kid (2010)


Saya udah pernah nonton film orisinil dari The Karate Kid yang rilis tahun 1984. Tapi itu juga udah ada 10 tahunan. Yang berarti saya udah lupa ceritanya. Makanya pas nonton remake filmnya kali ini saya beneran mencoba menikmati dari nol. Film ini sendiri dibintangi Jaden Smith (Anak Will Smith yang jadi produser film ini) dan Jackie Chan. Biasanya kalo Jackie Chan main film hollywood, saya kurang suka hasil akhirnya. Tapi kali ini beliau cuman jadi supporting actor, dan lagi settingnya juga di Cina. Apakah sukses? Yang terang saya gak akan membandingkan dengan film aslinya dikarenakan lupa.

Dre Parker (Jaden Smith) dengan berat hati pindah ke Cina bersama Ibunya dikarenakan sang ibu beranggapan di Detroit mereka udah gak punya apa-apa dan kesulitan ekonomi. Sesampainya disana Dre eksklusif dihadapkan dengan persoalan pergaulan dan adaptasi. Diawali dengan perkenalannya dengan gadis lokal berjulukan Meiying yang menciptakan Dre jatuh hati, beliau malah dihajar habis-habisan oleh Cheng, bocah jago kung fu. Dimulailah hari penuh penderitaan & ketakutan bagi Dre di kawasan tinggal barunya.
Sampe suatu hari beliau bertemu seorang tukang reparasi berjulukan Mr.Han (Jackie Chan) yang ternyata ialah master kung fu. Dre kemudian meminta diajari kung fu dan berniat bertanding dengan belum dewasa yang udah mengganggunya di sebuah turnamen kung fu.

Well, saya malah punya hipotesa perihal bagaimana film ini awalnya dibuat: Will Smith ingin mengangkat nama anaknya. Dan beliau sadar untuk itu harus ada sebuah film istimewa dengan pemeran tenar pula. Karena Will Smith sendiri muali populer jadi pemeran adu yang macho, beliau ingin Jaden ngikuti jejaknya. Maka beliau ingin sang anak tampil di film agresi ato beladiri. Sampe beliau bertemu Jackie Chan dan ngajak si master buat bikin film kung fu barng sang anak. Untuk lebih menambah nilai komersil, Will bikin tuh film dengan embel-embel: REMAKE KARATE KID, walopun isi filmnya kung fu. Apakah perjuangan ini berhasil?

Sebenernya saya agak terganggu dengan problem awalnya. Apakah itu ialah sebuah kecemburuan bocah pemuda ke seorang bocah lainnya yang mengganggu cewek yang beliau taksir? Hey, mereka gres 12 tahun. Kalo film aslinya kalo gak salah udah remaja, so masuk akal aja. Ato mungkin gak seneng ngeliat anak gres udah sok nggodain cewek lokal? Nah, alesan itu lebih bisa diterima. Untuk akting, Jaden Smith berhasil ngurangin perilaku supernyebelin yang beliau tampilkan di "The Day The Earth Stood Still" Walopun tetep cukup nyebelin juga beliau disini. Lain lagi dengan  Jackie Chan yang tampil serius disini. Awalnya agak aneh, tapi berhubung beliau main cukup bagus, ya hasilnya gak masalah. Durasinya sendiri 2 jam elbih. Agak kepanjangan emang, untungnya agresi kung fu tidak mengecewakan menarik jadi gak ngebosenin bangetlah. Two thumbs up buat Jaden Smith yang ternyata bisa kung fu sehebat itu. Kalo diperhatikan perubahan bodynya cukup terlihat dari awal sampe akhir. Membuktikan beliau berlatih sungguh-sungguh buat perannya.

OVERALL: Terlepas dari ketidak sesuaian judulnya, The Karate Kid bisa menjadi salah satu summer movie yang anggun tahun ini.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho The Karate Kid (2010)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email