Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho 10 Things I Hate About You (1999)


2 pemeran utama laki-laki dalam film yang rilis tahun 1999 ini bikin saya tertarik. Yang pertama yaitu Joseph Gordon-Levitt yang saya kenal pertama kali di (500) Days of Summer yang jadi film drama komedi favorit saya. Dia tampil bagus disana sebagai Tom, perjaka yang patah hati. Tahun ini ia juga berakting cukup bagus di film fenomenal Inception. Dan pemain film satunya yaitu Heath Ledger. Aktor yang udah almarhum ini menawarkan penampilan luarbiasa sebagai The Joker. So, impian saya tentunya dapat melihat sebuah romcom yang berisi akting bagus dari pemainnya.

Cameron James (Joseph Gordon-Levitt) yaitu seorang murid gres di Padua. Saat sedang diajak berkeliling oleh teman barunya, Michael Eckman, Cameron pribadi jatuh hati pada seorang cewek manis berjulukan Bianca. Bianca masuk kategori cewek terkenal disekolah. Ternyata, Cameron punya tentangan berat berjulukan Joey Donner yang merupakan seorang bintang iklan. Dilain pihak, Bianca punya seorang abang cewek berjulukan Kat. Kat sebenernya cewek yang cantik. Tapi ia sangat ketus dan membenci laki-laki (bukan ia lesbi). Parahnya, ayah mereka punya peraturan: Bianca boleh berpacaran tapi Kat juga harus pacaran. Jelas aja itu bikin Bianca pusing. Soalnya ia sendiri mulai tertarik dengan Joey dan Cameron. Sampe Michael punya sebuah ide. Dia dan Cameron kesudahannya mencari perjaka yang mau ngajak Kat kencan agar Cameron dapat jadian dengan Bianca. Ketemulah mereka dengan Patrick Verona (Heath Ledger) seorang perjaka urakan yang ditakuti.
Sadar bakalan sulit ngebujuk Patrick, keduanya memanfaatkan Joey untuk membayar Patrick agar ia mau jalan dengan Kat. Joey mau aja, alasannya yaitu kalo Kat jadian, ia juga dapat jalan dengan Bianca. Apa Kat dapat tertarik dengan Patrick? Siapakah yang dipilih Bianca? Joey yang tenar atau Cameron yang rada cupu?

Film komedi romantis akhir-akhir ini mulai keluar dari kodratnya. Film genre itu menjadi tidak menampilkan percintaan yang romantis dan komedi yang lucu. Tapi film ini ternyata gak begitu. Dari segi komedi, beberapa selipan kelucuannya dapat bikin saya tersenyum bahkan tertawa. Walopun ada beberapa yang abstrak dan gak logis (mengalihkan perhatian guru dengan menawarkan dada????) Dari segi romantis? Film ini amat romantis. Lihat aja adegan yang ditampilkan Heath Ledger untuk merayu Kat. Kurang romantis gimana itu? Lalu simak juga adegan final film dimana Kat membaca puisi yang isinya mempresentasikan judul film ini. Very romantic.

Dari segi akting juga bagus. Joseph Gordon-Levitt emang memerankan tugas stereotipe film drama komedi. Seorang perjaka cupu yang mencoba mendapat cewek cantik. Tapi untungnya itu bukan jadi poin utama film ini. Yang jadi poin utama yaitu korelasi Kat dan Patrcik. Heath Ledger? Wow, jarang banget film romcom punya tokoh yang memorable macam dia. Artian kata keren, charming dan lain-lain ada padanya. Kalo ia jadi idola cewek waktu itu tampaknya wajar. Saya gres menonton 3 filmnya termasuk film ini (The Dark Knight & Imaginarium of Doctor Parnassus) Dan semuanya ia bermain bagus. Saya belum nonton Brokeback Mountain dan akan segera menontonnya. Sayang banget dunia perfilman kehilangan pemain film super berbakat macam dia. Kelemahan utama film ini cuma pada plotnya yang terkadang berasa melompat-lompat. Kadang saya merasa "Lho, bukannya tadi marahan?" atau "Lho, kok pribadi ini?" Tapi saya rasa itu dapat tertutupi dengan semua kelebihan nih film.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho 10 Things I Hate About You (1999)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email