Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Spirited Away (2001)


Menurut saya film animasi terbaik sampe ketika ini dari Amerika ialah franchise Toy Story. Selain gambarnya bagus, kisah didalamnya juga solid. Selain lucu, banyak akndungan pesan yang menyentuh. Dan salah satu yang membidani terciptanya Toy Story ialah John Lasseter. Nah kalo film ciptaannya aja sekeren itu, bagaimanakah film yang digemari Lasseter? Jawabannya ialah Spirited Away. Film yang sampe ketika ini ajdi film terlaris sepanjang masa di jepang ini sukses bikin Lasseter kepincut dan kesudahannya Disney merilisnya di Amerika. Dan hasilnya? Oscar di tahun 2002 untuk film animasi terbaik berhasil diraih. Wow, sekeren itukah filmnya?

Chihiro, seorang gadis kecil dibawa oleh kedua orangtuanya untuk pindah rumah. Chihiro yang udah kerasan dengan daerah tinggal dan mitra lamanya ngerasa gak bahagia dengan keputusan ortunya. Hal itu bikin beliau ngambek sepanjang perjalanan. Sampe mereka sadar kalo mereka udah nyasar dan sampe disebuah terowongan. Kedua orangtua Chihiro masuk ksitu. Chihiro yang awalnya gak mau masuk kesudahannya ikut juga. Dibalik tuh terowongan terdapat sebuah desa yang isinya restoran semua, tapi gak ada satupun orang. Sampe sang ayah nemu sebuah warung yang menyediakan banyak makanan. Kedua orang tuanya makan dengan lahap.


Tapi Chihiro menentukan pergi sendiri jalan-jalan. Sampe beliau bertemu anak pemuda yang menyuruhnya pergi dan beliau menyampaikan kalo Chihiro gak seharusnya disitu. Chihiro yang kembali ketempat orang tuanya kaget alasannya ialah mereka berdua udah berubah jadi babi sambil makan dengan rakus. Dan di sekitar Chihiro muncul banyak sosok bayangan hitam misterius. Apa sebenernya yang terjadi dengan kedua orangtua Chihiro? Dimanakah sebenrnya mereka berada?

Sungguh film ini emang luarbiasa! Dari segi kisah sangatlah hebat. Pesan moral utama film ini ialah berusaha untuk tumbuh cukup umur dan mandiri. Dan semua itu disajikan dengan sangat menyentuh dan terkadang lucu juga melihat Chihiro yang mencoba membiasakan diri dari anak manja menjadi anak yang harus bekerja dan mandiri. Dan semua itu disajikan tanpa harus menggurui. Karakter Chihiro sendiri merebut perhatian saya dengan caranya sendiri. Tidak eprlu tampil manis ato heroik. Kepolosannya udah bikin saya jatuh cinta dengan abjad bocah ini. Dan lagi saya gak sanggup menebak kisah film ini. Apa yang akan terjadi dengan Chihiro selanjutnya dan tokoh lainnya juga menciptakan saya selalu penasaran. Keanekaragaman tokoh yang ditampilka juga sangat menghibur mata. Sangat terlihat kreativitas luarbiasa dalam mendesain tokoh dalam film ini. Dan alunan musik pengiting juga makin menambah keasyikan menonton film ini.

OVERALL: Sebuah film yang menyampaikan kalo animasi Asia juga sanggup berbicara banyak. Salah satu film animasi terbaik yang pernah saya tonton.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Spirited Away (2001)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email