Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Chicago (2002)


Beberapa bulan kemudian aku nonton film musikal berjudul Nine yang disutradarai Rob Marshall. Film itu juga dibintangi banyak bintang besar macam Daniel Day-Lewis, Penelope Cruz, sampe Kate Hudson. Saya sendiri cukup menyukai film itu alasannya yaitu sejujurnya film musikal termasuk sangat jarang aku tonton. Sebelum Nine, film musikal yang aku pernah tonton cuma Sweeney Todd aja. Makanya aku termasuk kurang paham sama film musikal. Dan betapa kagetnya waktu mendengar review yang menyampaikan Nine yaitu film musikal yang kurang manis dan gak ada apa-apanya dibandingkan film musikal Rob Marshall sebelumnya, Chicago yang memenangkan Best Picture Oscar tahun 2003. Chicago juga dibintangi cukup banyak bintang. Ada Renee Zellwegger, Richard Gere, Catherine Zeta-Jones, sampe ada Lucy Liu yang kebagian tugas kecil.

Film ini mengisahkan wacana Roxie Hart (Renee Zellwegger) yang punya mimpi menjadi penyanyi klab tenar macam idolanya, Velma Kelly (Catherine Zeta-Jones). Roxie ditawarin dukungan oleh Fred Casely yang menyampaikan punya kenalan untuk membantu beliau mencapai impiannya tersebut. Roxie yang emang udah gak senang sama pernikahannya termakan akan hal itu dan berselingkuh dengan Fred. Tapi ternyata Fred cuma berbohong. Roxie yang emosi menembak Fred sampai tewas dan dijebloskan ke penjara. Disana beliau bertemu dengan sang idola, Velma Kelly yang juga dipenjara alasannya yaitu membunuh sang suami dan adiknya yang sedang berselingkuh. Roxie sendiri diancam eksekusi mati. Untungnya berkat "bantuan" ibu sipir, Mama Morton (Queen Latifah) Roxie dikenalkan dengan pengacara handal yang belum pernah kalah di pengadilan, Billy Flynn (Richard Gere). Billy ternyata punca seni administrasi tersendiri biar Roxie menerima simpati publik. Dengan cepat namanya menjadi tenar sebagai seleb surat kabar, berkat publikasi yang diatur oleh Billy. Ternyata hal itu gak disukai oleh Velma.


Velma sendiri sebelumnya yaitu "seleb narapidana" yang juga menyewa jasa Billy. Roxie sendiri gak akan rela melepas status bintangnya dan rela melaksanakan apapun untuk mempertahankannya. Bagaimana simpulan kasus ini?

Akhirnya aku paham kenapa Nine dicap buruk. Saya merasa adegan musikal di film ini jauh lebih bernyawa dibanding Nine yang sedikit terkesan cuma tempelan. Disini adegan musikalnya sangat unik, menarik dan jauh dari kata membosankan. Adegan musiknya sendiri yaitu sebuah penggambaran dari suasana hati atau pikiran tokoh dalam film ini. Makara plot di film ini akan saling bergantian. Setelah memperlihatkan adegan didunia nyata, eksklusif berganti ke adegan musikal yang merupakan penggambaran lain dari adegan tersebut. Seperti adegan tarian ala boneka tali yang diperagakan Richard Gere & Renee Zellwegger yang sangat kreatif.

Akting para pemerannya juga sangat baik. Lihat bagaiman Renee Zellwegger sukses menghadirkan tokoh super menyebalkan. Sesosok perempuan "penjilat" yang mau melaksanakan apapun demi ketenaran, kurang menyebalkan gimana coba? Dan image itu terus berhasil beliau pertahankan dari awal sampai simpulan film. Sayang beliau cuma dapet nominasi Best Actress Oscar tanpa berhasil menang. Lain halnya dengan Catherine Zeta-Jones yang berhasil menang di aktegori Best Supporting Actress. Setiap beliau muncul selalu bagus. Apalagi kalo lagi adegan musikal. Seksi tapi elegan. Tariannya juga keren. Pemaksimalan Cast. Itu beliau yang gak dimiliki film Nine. Disitu terlalu banyak bintang ngebikin porsi kiprahnya kurang rata. Banyak yang cuma kebagian satu adegan + satu lagu eksklusif ngilang. Dan di Chicago tiap tugas berhasil dimaksimalkan. Cuma kelemahan film ini yaitu endingnya yang berdasarkan aku terlalu normal dan terlalu happy ending.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Chicago (2002)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email