Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Peacock (2010)


Efek dari nonton Inception ialah aku jadi tertarik dengan filmography para pemainnya. Saya mulai nyari film-film yang pernah mereka mainkan sebelumnya. Dan aku menemukan film ini dimana tidak hanya satu pemeran di film Inception yang terlibat, tapi dua. Yaitu Cillian Murphy dan Ellen Page. Cillian Murphy aku mengenalnya lewat kiprahnya sebagai Scarecrow di Batman Begins. Sedangkan Ellen Page terperinci paling bersinar di Juno dimana ia dapet nominasi Best Actress di Academy Awards. Tapi yang aku heran dengan cast yang menjanjikan begini, kenapa filmnya malah cuma dirilis eksklusif ke DVD tanpa lewat bioskop? Apakah hasilnya jelek? Ato ada faktor lain?

Film ini bercerita wacana John Skillpa (Cillian Murphy) seorang pegawai Bank yang tinggal di kota Peacock. Dia ialah sosok laki-laki yang sangat pemalu dan susah berkomunikasi dengan masyarakat. Saat berbicara ia gak pernah melihat kearah lawan bicaranya dan selalu berbicara dengan tergagap. Bahkan rumahnya selalu tertutup. Sama juga ditempat kerja dimana John bekerja disebuah ruang kecil yang sangat tertutup. Dibalik itu semua, John punya alter ego. Sosok perempuan berjulukan Emma yang kesudahannya dikenal warga sekitar sebagai istri John. Emma sendiri punya huruf yang beda dari John. Dia dapat bersosialisasi bahkan ngobrol dengan orang lain walopun tetep ada sedikit malu-malu. Konflik dimulai ketika suatu hari sebuah kereta "nyelonong" masuk ke halaman rumahnya.


Emma yang sedang menjemur pakaian untungnya tidak terluka. Tapi hal itu menciptakan penduduk kota menyadari keberadaan Emma. Mau gak mau ia harus banyak bersosialisasi. Masalah bertambah ketika walikota malah menimbulkan kereta yang nyungsep di halaman belakang itu sebagai materi kampanye. Udah gitu suatu malam tiba seorang perempuan berjulukan Maggie (Ellen Page) bersama anaknya meminta pinjaman John. Maggie sendiri pernah mempunyai hubungan dengan John dahulu kala. Bagaimana John/Emma menyikapi kondisi yang memusingkan ini?

Saya rasa kebanggaan patut diberikan buat Cillian Murphy yang sukses memerankan 2 huruf beda gender. Karakternya dapat berubah drastis dari John yang pemalu menjadi Emma yang lebih terbuka. Tampilan fisiknya juga cukup berbeda walopun kadang aku masih merasa melihat Emma lebih pantas sebagai banci. Tapi ssaya rasa itu udah cukup baik. Begitu juga Ellen Page yang (lagi-lagi) harus menjadi ibu muda. Yah, walopun gak sehebat di Juno, tapi aktingnya masih tetep baik. Dan aku sendiri masih heran dengan fakta ia udah berusia 23 tahunan. Padahal dengan wajah imutnya ia masih terlihat remaja. Dari segi kisah kita bener-bener digiring untuk menebak apa sebenernya yang diinginkan John dengan berperan sebagai Emma. Dan apa kesudahannya ia menentukan menjadi John atau Emma? Atau malah tetap keduanya.  Mungkin satu-satunya kekurangan ialah di penggalan kereta masuk ke halaman rumah yang kerasa banget tipuannya. Tapi yah, toh ini bukan film yang mengumbar efek. Kesimpulan aku mengapa film ini cuma dirilis ke DVD mungkin sebab cuma belum ada studio yang mau memasarkannya. Bukan sebab kualitasnya buruk.

OVERALL: Sebuah film psikologikal yang cukup menarik walopun dari unsur thrillernya masih terasa kurang.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Peacock (2010)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email