Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Splice (2010)


Sudah cukup usang saya tidak nonton film horror. Film horror terakhir yang saya tonton yaitu Predators. Dan uniknya, kali ini film yang saya tonton juga dibintangi bintang film yang sama dengan Predators, yaitu Adrien Brody. Aktor yang biasanya bermain drama ini mengambarkan beliau bisa tampil bergairah di Predators. Kalo dari premisnya, saya menyangka film ini akan punya dongeng yang menyerupai sama Alien. Yaitu perihal sesosok makhluk absurd yang ganas dan mulai memburu para manusia.

Clive (Adrien Brody) dan Elsa (Sarah Polley) yaitu sepasang ilmuwan yang sedang bereksperimen dengan mencampurkan banyak sekali macam DNA binatang untuk membuat spesies baru. Tidak puas dengan keberhasilan itu, secara belakang layar mereka berdua mencampurkan DNA itu dengan DNA insan guna membuat spesies gres yang lain. Diluar dugaan eksperimen itu menghasilakn sesosok makhluk yang punya kemampuan tumbuh amat cepat. Makin usang sosoknya makin menyerupai manusia. Hanya beliau punya kaki menyerupai binatang dan punya ekor panjang yang dilengkapi dengan bab tajam menyerupai pisau. Bukannya khawatir, dua ilmuwan itu khususnya Elsa justru antusias mempertahankan makhluk yang diberi nama Dren itu.


Bahkan Elsa memperlakukannya menyerupai anak perempuannya sendiri. Tapi apakah makhluk ini benar bisa dikendalikan? Atau suatu ketika insting binatang buasnya akan bangkit?

Sungguh saya tertipu mentah-mentah oleh film ini. Berharap menerima suguhan film sadis penuh darah, ternyata film ini menyuguhkan sebuah drama yang sedikit dibalut horror dan sci-fi. Film ini lebih menitikberatkan pada perjuangan Clive & Elsa untuk mendidik Dren. Tapi anehnya saya sama sekali gak menangkap perjuangan mereka mendidik tuh makhluk. Yang ada justru perlakuan jelek yang mereka berikan. Dari segi sci-fi malah lebih absurd berdasarkan saya. Sepertinya terlalu dangkal aja unsur sains disini. Kalo emang mau dikasih dangkal, seharusnya film ini lebih menekankan horrornya sehingga makin terang kalo film ini emang sebuah B-Movie yang gak mementingkan cerita. Tapi, film ini justru berusaha menjadi cerdas dengan lebih menonjolkan sisi dramanya, tapi malah terlihat absurd alasannya yaitu unsur sci-fi disini sama sekali tidak jelas. Saya sempet merasa 15 menit terakhir film ini akan menegangkan dan meningkatkan evaluasi saya terhadap nih film. Sayangnya, 5 menit terkahir film ini kembali membuat saya kecewa. Untungnya dari segi cast film ini cukup tepat. Walopun gak dalam performa terbaiknya, Adrien Brody tampil lumayan. Tapi yang paling manis berdasarkan saya yaitu performa Delphine Chaneac yang sanggup menghidupkan Dren dengan sangat baik. Efek visual komputer di film ini juga lumayan.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Splice (2010)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email