Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Repo Men (2010)


Peran sebagai Watson di Sherlock Holmes emang membuat karir Jude Law menanjak. Namanya menjadi makin diperhitungkan. Begitu juga ketika film Repo Men ini hampir rilis. Banyak yang yakin film ini akan jadi film yang keren. Apalagi mendengar premisnya yang menarik ditambah cast yang cukup meyakinkan macam pemenang Oscar, Forest Whitaker, Liev Schreiber sang sabretooth, sampe Alice Braga yang cukup baik di Predators. Apa film ini dapat memenuhi ekspektasi orang-orang?

Di tahun 2025 insan udah gak perlu galau lagi apabila ada bab organ tubuhnya yang udah gak dapat bekerja. Perusahaan The Union yang dipimpin Frank (Liev Schreiber) berhasil membuat organ buatan yang dapat ditransplasikan ke orang yang membutuhkan. Tapi, imbalannya juga tidak murah. Biaya super mahal diperlukan untuk menebus itu semua. Apabila lebih dari 3 bulan tidak membayar, The Union akan mengirimkan agennya untuk mengambil kembali organ tersebut secara paksa. Orang yang bertugas mengambilnya dinamakan Repo Man. Remy (Jude Law) dan Jake (Forest Whitaker) yaitu partner yang udah saling kenal semenjak kecil. Mereka juga termasuk biro terbaik yang dimiliki The Union. Tugas selalu lancar. Sampe Remy merasa sudah waktunya berhenti dari pekerjaan "kasar" ini dan menentukan kembali menjalani hidup normal bersama istri dan anaknya.


Tapi pekerjaan terakhirnya tidak berjalan lancar. Remy mengalami sebuah kecelakaan yang menjadikan jantungnya harus diganti dengan jantung buatan The Union. Jelas aja Remy yang gak mampu membayarnya akan berurusan dengan para Repo Man yang notabene kawannya sendiri, bahkan termasuk partnernya, Jake.

Premis film ini emang menarik. Openingnya juga cukup meyakinkan.Saya sempat galau sehabis melihat opening yang cukup manis itu. Kenpa film ini dapat sampe flop di pasaran bahkan dikritik jelek oleh kritikus? Dan seiring berjalannya film, pertanyaan itu terjawab. Film ini tidak menjual apapun selain adegan gore dan sadis belaka. Yang mana adegan itu juga terasa agak berlebihan. Biasanya sesadis apapun film juga mempunyai pesan moral. Gak percaya? Friday the 13th misalnya, mengajarkan supaya kita tidak asala berafiliasi seksual ditengah hutan kalo gak mau dibantai Jason. Ato di A Nightmare on Elm Street dimana kita diajarkan untuk berdoa dulu sebelum dur atau Freddy akan menghantui bahkan membunuh kita. Nah disini apa yang diajarkan? Yang ada malah membenarkan para penghutang. Saya rasa yang namanya hutang harus dibayar kan? Nah, di film ini malah secara gak pribadi mengajarkan "Kalo membeli barang dan gak punya duit buat membayar, ya gak usah dibayar". Masih ada lagi kebobrokan film ini. Hal itu berada pada tokoh Remy yang diperankan Jude Law. Ditengah kondisi berserakan bukannya berusaha memperbaiki relasi dengan istrinya, eh beliau malah milih pergi dengan cewek lain. Parahnya tuh cewek diperlihatkan pribadi ke anaknya. Yang sedikit menghibur aku sehingga tidak meletakkan film ini di 5 besar film terbuuk 2010 yaitu endingnya yang tidak dipaksakan berakhir bahagia, serta openingnya yang menarik.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Repo Men (2010)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email