Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Mystic River (2003)


Perasaan saya sehabis nonton film garapan Clint Eastwood ini hampir sama kayak sehabis nonton film Eastwood lainnya, Gran Torino. Yaitu "tertipu". Dulu saya mengira Gran Torino yaitu sebuah film action. Dan saya awalnya mengira Mystic River yaitu horror diliat dari judul dan posternya. Saya merasa "wah, Clint Eastwood mau nyoba bikin film horor, niscaya keren" Melihat jaajran cast film ini makin asing lagi, masa Sean Penn main horror? Tanpa ngecek sinopsis filmnya, saya pun nonton. Dan ternyata lagi-lagi ketipu. Film ini emang mengandung unsur thriller tapi sama sekali bukan horror.

Filmnya dibuka dengan adegan 3 bocah yang bermain bersama, mereka yaitu Jimmy, Sean, dan Dave. Mereka kemudian menuliskan nama mereka disebuah cetakan semen yang belum kering. Tiba-tiba muncul laki-laki yang mereka anggap polisi menegur mereka kemudian membawa Dave pergi. Ternyata tuh laki-laki bukan polisi. Mereka menculi Dave dan melaksanakan tindakan pelecehan seksual. Beruntung sehabis 4 hari Dave berhasil kabur. 25 tahun kemudian, ketiga bocah yang udah tumbuh jadi laki-laki remaja itu masih tinggal disitu, tapi udah berkeluarga dan jarang berkomunikasi satu sama lain. Jimmy (Sean Penn) udah punya 2 putri (kalo gak salah 2 atau 3 gitu). Sean (Kevin Bacon) menjadi polisi, tapi kehidupan rumah tangganya gak lancar. Sang istri pergi dan selalu meneleponnya tiap hari tanpa mengucap sepatah katapun. Sedangkan Dave (Tim Robbins) juga udah punya satu putra. Kehidupan mereka awalnya tenang sampe suatu hari, Katie putri tertua Jimmy menghilang dan ditemukan telah tewas. Jimmy terang sangat terpukul. Awalnya ia meragukan Brendan Harris, pacar putrinya yang hubungannya tidak ia setujui.


Tapi penyelidikan polisis yang dipimpin Sean dan Sersan Whitey Powers (Laurence Fishburne) malah menyampaikan bukan Brendan pelakunya. Penyelidikan makin rumit sehabis diketahui Dave menyampaikan tindak tanduk asing yang membuatnya dicurigai. Jimmy sendiri merasa harus melaksanakan penyelidikannya sendiri dibantu teman-temannya. Siapakah pembunuh Katie?

Meskipun saya salah menilai genre film ini, nyatanya film ini justru berhasil menghadirkan thriller dan misteri yang sangat bagus. Berulang kali saya dipaksa menuduh siapa sebenernya pembunuh Katie. Disaat saya udah yakin akan identitas si pelaku, tiba-tiba muncul scene yang menciptakan saya kembali ragu dan mengarahkan kecurigaan pada tokoh lain. Begitu seterusnya sampe balasannya semuanya terungkap di simpulan film. Film ini mengantarkan Sean Penn meraih gelar pemain film terbaik versi Academy Awards + Golden Globe. Begitu juga Tim Robbins yang menjadi Best Supporting Actor di kedua ajang tersebut. Film ini juga berjaya di Cannes FIlm Festival. Beginilah film yang disutradarai Clint Eastwood. Bukan film ringan, tapi menarik diikuti dan mendatangkan pemasukkan yang tidak mengecewakan besar. Dan seringkali panen penghargaan.

OVERALL: Film yang mampu menghadirkan ketegangan sekaligus drama yang berasal dari gejolak batin tokohnya.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Mystic River (2003)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

March 9, 2021 at 8:07 PM delete

Parah ini Ulasan nya plagiat blog org

Reply
avatar