Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Atonement (2007)

Film ini disesuaikan dari novel berjudul sama karangan Ian McEwan yang rilis tahun 2001. Film ini disutradarai oleh Joe Wright. Saya sendiri kurang familiar dengan namanya. Satu-satunya filmnya yang udah saya tonton yakni The Soloist. Dan film yang juga pembiasaan buku itu juga cukup baik dimata saya. Tapi itu dikarenakan castnya yang mumpuni macam Downey Jr dan Jamie Foxx. Di film ini, pemerannya emang gak seyahud The Soloist, tapi cukup tidak mengecewakan juga. Ada Keira Knightley yang tenar lewat trilogi Pirates of the Caribbean. James McAvoy yang mencuri perhatian lewat Narnia, Wanted dan The Last Station. Sampe bintang muda Saoirse Ronan yang gres aja membintangi The Lovely Bones.

Briony Tallis (Saoirse Ronan) yakni gadis berusia 13 tahun yang punya talenta besar dalam menulis, khususnya novel. Dia sendiri punya abang wanita berjulukan Cecilia (Keira Knightley). Keduanya menyukai laki-laki yang sama, Robbie Turner (James McAvoy) anak dari pembantu keluarga mereka. Robbie sendiri yakni anak yang cerdas dan sudah dianggap keluarga oleh keluarga Tallis. Disuatu program kumpul keluarga, Briony secara gak sengaja melihat Robbie dan Cecilia sedang bercinta. Jelas aja ia cemburu berat. Disaat bersamaan salah satu sepupu Briony mengalami pemerkosaan. Dilatar belakangi rasa cemburu, Briony mengaku melihat Robbie yang memperkosa sepupunya. Padahal ia tidak melihat dengan niscaya siapa yang melakukan. Beberapa tahun lalu ketiganya bertemu kembali dalam kondisi yang berbeda. Dalam keadaan sedang terjadi perang. Dan ketika itu Briony yang telah menyadari kesalahanny mencoba menebus kesalahannya. Apa yang dilakukan Briony guna menebus kesalahannya? Bisakah Cecilia dan Robbie bersatu lagi?
Kredit khusus saya berikan buat Saoirse Ronan. Setelah saya dibentuk cukup kagum dengan aktingnya di the Lovely Bones, kali ini ia kembali tampil baik dengan image yang beda. Kalo di Lovely Bones image ia yakni gadis anggun yang mengundang simpati, disini saya merasa ia yakni salah satu gadis cilik paling "jahat" yang pernah saya lihat di film. Keira Knightley juga menawarkan performa yang prima. Salah satu akting terbaiknya. Proses perubahan tokoh Briony dari menyebalkan menjadi mengakui dosa dan mencoba menebusnya disaat remaja menarik disimak. Setelah remaja sosok Briony berubah jadi sosok yang patut dikasihani. Dari segi dongeng juga cukup Istimewa dimana plot yang dipakai cukup unik. Endingnya juga diluar dugaan saya. Tapi yang paling luarbiasa yakni scoring film ini. Pantes aja dapet oscar. Dengar bagaimana kehebatan sang komposer meracik musik. Sering terjadi dimana sebuah bunyi diawali dari aktivitas tokohnya (mengetik, memukul) berubah secara gak kita sadari menjadi musik yang hebat.


Artikel Terkait

Ini Lho Atonement (2007)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email