Wednesday, February 13, 2019

Ini Lho Leap Year (2010)


Kalo diibaratkan musik lokal, film bergenre Komedi Romantis bagaikan musik pop pasar yang easy listening. Gampang dicerna semua orang, tapi terlalu seragam & kurang memperhatikan kualitas. Makara punya kecenderungan bosan. Mulai dari alur sampe ending film bergenre ini sebenernya simpel banget ditebak. Tapi ya alasannya ialah simpel ditonton sehingga kalo nyari film hiburan, jenis yang saya pilih biasanya komedi romantis. Dengan cita-cita dapat ketawa, ngeliat hal romantis, disuguhi aktris yang cantik. Bagaimana dengan Leap Year?

Sudah 4 tahun Anna dan Jeremy berpacaran. Tapi Jeremy gak juga ngelamar Anna. Jelas aja ia sebel. Sampe suatu dikala sang pacar pergi ke Dublin, Irlandia untuk sebuah urusan. Anna inget kalo tiap 4 tahun sekali di tahun kabisat tepatnya tanggal 29 Februari berdasarkan tradisi kuno Irlandia, cewek boleh ngelamar pemuda di hari itu.
Anna nekat terbang kesana buat ngelamar sang pacar. Sialnya gara-gara angin kencang perjalanannya dialihkan ke Wales. Setelah melalui usaha berat, sampailah Anna di Dingle, desa kecil di Irlandia. Dan disana ia bertemu pemilik kafe berjulukan Declan yang walopun selalu sinis ke Anna, tapi ia bersedia nganter Anna ke Dublin dengan bayaran untuk melunasi hutang barnya.

Saya tidak bermaksud spoiler, tapi rasanya semua orang juga tahu bagaimana film komedi romantis berakhir. Dan untuk ending film ini saya rasa amat sangat terlalu dipaksain. Coba, sehabis pacaran 4 tahun dengan bahagia, masa ada orang yang lebih milih menikahi pemuda yang gres ia kenal beberapa hari & melaksanakan perjalanan bersama sekitar 3 hari? Saya langsung pernah mengalami hal itu. Tapi kondisi kayak gitu mungkin, kalo korelasi dengan sang pacar udah terlalu gawat, & pemuda yang gres ditemui beneran nyaman & cocok. Nah disini korelasi Anna & Jeremy gak dalam kondisi darurat, tapi terlalu dipaksakan retak di tamat film. Dilain pihak Anna & Declan sering banget bertengkar. Oke, mungkin tumbuh cinta ialah hal wajar, tapi tetapkan menikah? Sangat gak wajar.

Kemudian saya menyoroti sikap orang-orang yang ditemui Anna di Irlandia. Emang gak ada orang ramah ya? Asli, semua orang yang ada super nyebelin dan gak nunjukin respek sama sekali ke seorang cewek  yang lagi tersesat. Kelebihan film ini justru ada di setting lokasi yang indah. Pedesaan di Irlandia sungguh asri, sejuk & indah. Saya sangat menikmati adegan outdoor di film ini.

RATING: 

Artikel Terkait

Ini Lho Leap Year (2010)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email