Friday, January 18, 2019

Ini Lho In July (2000)

"In July" atau yang punya judul orisinil "Im Juli" yaitu sebuah kejutan bagi saya. Sinema Jerman yang biasanya lekat dengan film perihal peperangan atau drama yang punya tone gelap ternyata bisa menciptakan sebuah romantic-comedy-road movie yang menyenangkan menyerupai ini. Pesona yang dimiliki film karya sutradara Fatih Akin ini ternyata jauh melebihi lebih banyak didominasi film romcom yang pernah saya tonton khususnya rilisan Hollywood yang makin kesini makin garing saja. Keberhasilan menggabungkan unsur komedi romantis yang ringan dengan road movie yang menyimpan banyak kejutan yaitu daya pikat utama film ini.

Daniel (Moritz Bleibtreu) yaitu seorang guru fisika yang naif dan kehidupannya monoton. Bahkan disaat liburan ekspresi dominan panas dimana semua orang berlibur ia menentukan tetap tinggal di Hamburg. Walaupun begitu Daniel ternyata mempunyai seorang penggemar diam-diam yaitu seorang gadis berjulukan Juli (Christiane Paul). Kesempatan mereka berbicara alhasil tiba suatu hari. Juli yang berjualan disebuah lapak kecil menjual sebuah cincin dengan lambang matahari dari suku maya. Cincin tersebut dikatakan mempunyai kekuatan magis yang bisa membawa orang yang memakainya bertemu dengan gadis yang akan menjadi jodohnya dan gadis tersebut akan mempunyai simbol matahari yang sama. Juli juga mengundang Daniel tiba ke pesta di malam harinya.
Maksud dari Juli yaitu ia akan tiba ke pesta tersebut menggunakan baju bersimbol matahari semoga Daniel bisa percaya bahwa Juli yaitu jodohnya. Tapi ternyata Daniel malah bertemu dengan gadis dari Turki berjulukan Melek (İdil Üner) yang menggunakan baju bergambar matahari sempurna sebelum Juli sampai. Akhirnya Daniel malah jatuh cinta pada Melek dan menghabiskan malam dengannya. Saat Melek kembali ke Turki Daniel memutuskan untuk pergi ke Istanbul guna mencari Melek dengan harapan sanggup bertemu lagi. Ditengah perjalanan Daniel justru bertemu Juli yang sedang patah hati. Pada alhasil malah mereka berdua bersama menuju ke Istanbul melewati sebuah perjalanan yang penuh rintangan berat dimana benih cinta perlahan muncul.
Yang namanya komedi romantis pastilah endingnya sudah bisa diduga, tapi dalam film ini kasusnya berbeda. Diawal film meskipun saya sudah yakin siapa sesungguhnya pasangan Daniel di tamat nanti, tetap saja banyak hal yang menciptakan itu misterius. Awalnya kita tetap akan menebak-nebak apakah Melek atau Juli yang dipilih Daniel walaupun saya yakin jawabannya yaitu Juli tapi pengemasan film ini menciptakan hal tersebut tidak semudah itu ditebak. Memasuki pertengahan film, masuknya unsur road movie menciptakan segalanya jadi makin sulit ditebak. Bukan hasil alhasil yang sulit ditebak, tapi bagaimana perjalanan Daniel menuju alhasil yang susah ditebak. Kejadian-kejadian mengejutkan ala road movie ditampilkan dengan baik dan menyenangkan. Berbagai tindakan serta hal-hal tak terduga menghiasi sepanjang durasi.

Akting pemainnya memang tidak Istimewa tapi saya suka dengan karakter-karakter yang ada. Daniel mulai berubah dari lelaku baif yang lemah menjadi laki-laki yang sesungguhnya seiring dengan usaha yang ia lalui untuk mencapai Istanbul. Hubungan antara Daniel dan Juli juga cukup menyenangkan diikuti. Ada beberapa momen yang sebetulnya agak abnormal tapi punya sisi romantisme sendiri antara mereka berdua. Bagaimana alhasil Daniel bisa bersatu dengan Juli di tamat film juga ditampilkan dengan logis dan tidak terburu-buru dalam hal penyelesaian dilema mengenai siapa yang dipilih dan mengapa. Pemasukan unsur road movie juga mendukung hal itu. Coba pikir, selama beberapa hari kau selalu berdua bersama seorang perempuan yang memperlihatkan perhatian dan dari segi paras juga cukup cantik, pastilah benih cinta akan muncul perlahan secara alamiah.

Meskipun saya rasa penggambaran perihal usaha Daniel mencari gadis impiannya agak terlalu berlebihan, tapi "In July" tetap sebuah komedi romantis sekaligus road movie yang menarik. Film ini berhasil menyeimbangkan kedua hal tersebut dengan baik sehingga jadi sebuah kesatuan yang baik pula.

RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho In July (2000)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email