Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Something Borrowed (2011)

Sutradara Luke Greenfield yang dulu menyuguhkan "The Girl Next Door" kali ini menciptakan film yang diangkat dari novel berjudul sama dengan filmnya (Something Borrowed) karangan Emily Griffin yang terbit tahun 2005 lalu. Cerita yang ditawarkan juga intinya bukanlah dongeng yang Istimewa dimana diceritakan Rachel (Ginnifer Goodwin) yakni merupakan teman semenjak kecil dari Darcy (Kate Hudson). Darcy akan menikah dalam waktu sekitar dua bulan kedepan dengan Dex (Colin Egglesfield) yang merupakan teman Rachel semasa kuliah dulu. Sudah bisa ditebak bahwa sesungguhnya Rachel menyukai Dex begitu juga sebaliknya. Tentu saja duduk perkara diantara mereka berdua makin besar disaat waktu makin mendekati hari ijab kabul justru kekerabatan mereka malah makin dekat.

Tentu saja kita sudah tahu apa yang akan terjadi pada mereka berdua diakhir film, alasannya yakni memang begitulah rom-com pada umumnya berjalan. Film komedi romantis memang tidak menunjukkan ending yang dipenuhi twist. Endingnya bisa dibilang sangat standar dan predictable. Yang jadi kekuatan utama film bertipe ini yakni bagaimana kita dibawa menuju selesai tersebut. Ukurang keberhasilan sebuah komedi romantis yakni disaat kita para penonton mencicipi unsur percintaannya romantis dan komedia yang dipakai untuk membungkus kisah cinta itu bisa sempurna target alias lucu. Pertanyaannya apakah "Something Borrowed" bisa mengatakan hal-hal tersebut?
Kisah percintaan yang ada bergotong-royong sangat berpotensi besar alasannya yakni menampilkan sebuah duduk perkara percintaan yang bergotong-royong jamak terjadi. Sudah berapa banyak kisah konkret mengenai perselingkuhan yang terjadi dimana pihak ketiga justru tiba dari orang yang sudah dianggap teman dekat? Tapi sayangnya kisah di film ini terasa tidak dibungkus dengan baik atau lebih tepatnya sang sutradara tidak berusaha secara maksimal menimbulkan film ini dengan lebih baik. Sangat banyak komedi romantis yang abjad utamanya terlihat mempunyai chemistry yang kurang, tapi gres dalam film ini aku menjumpai dimana 2 abjad utamanya malah menjadi terasa tidak simpatik dan tidak menciptakan aku menginginkan mereka bersatu.

Ginnifer Goodwin berhasil menampilkan akting yang tidak mengecewakan sebagai Rachel yang manis tapi terlalu menyerah pada Darcy. Tapi sayangnya tokoh Dex yang diawal film terasa sebagai laki-laki dengan sisi charm dan kharisma yang tinggi lama-lama malah menjelma abjad yang tidak simpatik, tidak tegas dan cenderung kearah pengecut. Dex yang diawal mengatakan kesan baik dimata aku seiring berjalannya film malah meninggalakan kesan buruk. Hal itu ditambah dengan akting yang kurang baik dari Colin Egglesfield. Ada adegan dimana ia bertengkar dengan Kate Hudson dan terlihat sangat jomplang dimana Kate terlihat maksimal sedangkan Colin datar-datar saja. Untuk urusan akting terbaik justru tiba dari seorang John Krasinski yang memerankan tokoh Ethan. Ethan yakni tipikal orang yang punya celetukan-celetukan segar dan lucu tapi cerdas. Karakterisasinya juga sukses menjadikannya sebagai satu-satunya tokoh yang berhasil menarik simpati aku di film ini.

Jika ditanya "baguskah film ini?" maka jawabannya "tidak". Tapi balasan serupa juga akan aku berikan jikalau aku ditanya "apakah film ini jelek?" Sesungguhnya "Something Borrowed" punya momen-momen yang menghibur tapi sayang selain karakternya yang gagal menarik simpati, durasinya juga terlalu usang untuk sebuah film yang kesannya sudah bisa diketahui. Untungnya film ini masih punya beberapa kelebihan termasuk salah satunya ada pada sosok John Krasinski.


RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Something Borrowed (2011)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email