Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Finding Neverland (2004)

Menyenangkan rasanya melihat film yang berisikan Johnny Depp memerankan tugas orang normal dengan sangat baik walau tetap agak nyentrik ditemani oleh Kate Winslet yang walaupun bukan penampilan terbaiknya tapi aktingnya disini masih tergolong bagus. Tidak lupa film ini memperlihatkan kesan "magical" tersendiri bagi penontonnya yang mau berimajinasi dan sejenak meninggalkan pikiran serius mereka sebagai orang cukup umur dan menjadi bocah kembali dengan imajinasi yang tanpa batas sehingga pada hasilnya mereka akan menemukan "Neverland" yang dalam film ini tersaji dalam sebuah drama yang menyentuh sekaligus indah.

J.M. Barrie (Johnny Depp) gres saja menemui kegagalan pada pertunjukkan teater yang beliau buat ceritanya dan beliau sutradarai dimana pertunjukkan itu menciptakan penonton mengantuk dan dikritik jelek oleh para pengamat. Tidak menerima pemberian moril yang cukup dari sang istri, Mary (Radha Mitchell), Barrie menentukan berjalan-jalan sendirian bersama anjingnya ditaman. Disana beliau bertemu dengan Sylvia (Kate Winslet) seorang janda yang mempunyai 4 putera.

Tidak butuh waktu usang bagi Barrie yang memang cukup unik untuk menarik perhatian Sylvia dan anaknya kecuali Peter (Freddie Highmore) yang memang menjadi pemurung sejak ayahnya meninggal. Tapi Barrie tidak mengalah dan berusaha menyenangkan Peter. Bahkan usang kelamaan Barrie lebih bersahabat dengan Sylvia dan anak-anaknya daripada sang istri dan menciptakan pernikahannya diujung tanduk. Tapi dibalik itu semua Barrie sedang meniti langkah untuk menciptakan salah satu kisah paling legendaris dan magical, yaitu "Peter Pan".
Seperti yang sudah saya singgung diatas, salah satu pilar utama film ini ialah duo Depp-Winslet yang memperlihatkan performa yang bagus. Untuk Depp aktingnya disini menjadi satu dari total 3 tugas dimana beliau menerima nominasi "Best Actor" Oscar (2 lainnya ialah sebagai Jack Sparrow & Sweeney Todd). Hebatnya ini ialah satu-satunya tugas dimana beliau menjadi orang normal walau tetap mempunyai keunikan. Johnny Depp ialah salah satu bintang film favorit saya dan ialah sebuah momen yang luar biasa menyenangkan melihat aktingnya di film ini. Bahkan akting para bocah khususnya Freddie Highmore cukuplah menerima acungan jempol.

Dari segi dongeng apabila anda pernah membaca biografi Barrie yang sebetulnya atau paling tidak membaca kisahnya dan anda menonton film ini dengan keinginan menerima isu komplemen yang akurat anda akan kecewa. Naskah yang ditulis di film ini memang didasarkan kehidupan J.M Barrie tapi sebetulnya tujuan utama film ini bukanlah untuk memperkenalkan sosok pencipta Peter Pan itu lebih jauh tapi memperkenalkan cara pikirnya yang penuh imajinasi dan seakan sanggup membawa kehangatan dan keceriaan.


OVERALL: Dalam menonton film ini sejenak lupakanlah cara pikir orang cukup umur dalam hal ini lupakanlah ketidakakuratan film ini dari sisi sejarah, dan tanamkan cara pikir bawah umur yang imajinatif dalam hal menikmati film ini dengan apa adanya dan mengikuti Barrie terjun ke alam khayalnya di Neverland, maka anda akan mencicipi sebuah film yang menyentuh khususnya dari bab pementasan Peter Pan berlangsung hingga selesai film. Tapi jikalau anda ngotot mempertahankan pikiran anda wacana keakuratan sejarah maka yang anda temui hanya biopic gagal yang berisi melodrama belaka.

RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Finding Neverland (2004)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email