Friday, January 18, 2019

Ini Lho Cowboys & Aliens (2011)

"Cowboys & Aliens" punya semua yang diharapkan oleh summer movie. Cerita penyesuaian komik. Sutradara Jon Favreau yang sukses menciptakan dwilogi "Iron Man" yang juga penyesuaian komik. 2 pemeran utama yang menjadi ikon film action, Daniel Craig (James Bond) dan Harrison Ford (Indiana Jones) disokong oleh Olivia Wilde sebagai embel-embel dan emmm Noah Ringer si Avatar. Bujet yang digelontorkan juga tergolong besar, diatas $160 juta. Dan tentunya keberadaan Steven Spielberg selaku direktur produser turut menjamin film ini punya unsur science fiction yang kental serta CGI yang mumpuni.

Kita akan diperkenalkan pada Jake Lonergan (Daniel Craig) yang terbangun dan tidak ingat siapa dirinya dan apa yang terjadi hingga ia bisa ada disana. Kebingungannya masih ditambah dengan terpasangnya sebuah gelang dari logam berbentuk aneh ditangannya. Jake kemudian hingga di kota berjulukan Absolution dimana ia harus berurusan dengan Sheriff setempat (Keith Carradine) yang menangkapnya alasannya yaitu ternyata Jake yaitu seorang buronan. Sebelum itu Jake juga sempat "menghajar" Percy (Paul Dano) seorang perjaka sok jago yang merupakan anak dari Colonel Dolarhyde (Harrison Ford) yang merupakan orang terpandang dan ditakuti disana.

Malam harinya ketika Dolarhyde tiba dan ternyata mengenal Jake sebagai pencuri emasnya, mereka dan warga setempat dikagetkan oleh munculnya kilatan cahaya dari langit yang ternyata yaitu pesawat alien yang kemudian menyerang desa tersebut bahkan menculik beberapa orang. Pistol dan senapan koboi tidak bisa menghentikan serangan tersebut. Yang mengejutkan yaitu gelang besi yang terpasang di lengan Jake ternyata yaitu sebuah senjata yang bisa menghancurkan alien tersebut. Buronan itu risikonya berubah jadi keinginan terakhir untuk bisa mengehntikan invasi alien. Jake beserta Dolarhyde dan seorang perempuan misterius berjulukan Ella (Olivia Wilde) dibantu warga desa mulai mencari sarang alien untuk menghancurkan dan menyelamatkan warga yang diculik.
Banyak yang bilang inspirasi mempertemukan koboi yang bersenjatakan psitol dan senapan jadul dengan alien yang berteknologi tinggi dan bersenjatakan laser canggih yaitu inspirasi konyol. Tapi bagi saya itu yaitu inspirasi yang menarik dengan catatan penggarapannya maksimal dan penngabungan unsur western dan sci-fi bisa diseimbangkan dengan tepat porsinya. Jika itu dilihat dari peleburan di layar "Cowboys & Aliens" memang berhasil, dalam artian setting padang gurun sebagai lokasi film ini memang sangat tepat untuk penggambaran dalam film western. Dan hal itu berhasil digabungkan dengan efek CGI untuk pesawat canggih dan para alien-aliennya. Penggabungan 2 hal tersebut berjalan mulus dan baik. Yang kurang justru dalam penempatan unsur dongeng dan nuansanya. Jika kita kesampingkan setting lokasi yang tepat dan wardrobe para koboi, film ini tidak ubahnya film agresi para insan melawan alien biasa. Nuansa koboi menyerupai adegan berkuda dan baku tembak "jantan" porsinya sangat kurang.
Para alien juga sama saja. Meskipun efek CGI untuk mereka bagus, tapi keberadaan mereka terasa kurang menjadi ancaman. Porsi kemunculan mereka termasuk sedikit untuk durasi film yang nyaris 2 jam ini. Bahkan saya merasa para alien ini tidaklah mengancam kelangsungan hidup umat insan meskipun menculik banyak orang. Faktor kurang intimidatifnya para alien ini disaat kemunculan mereka yaitu faktor utama penyebab hal tersebut. Perjuangan koboi dengan senjata sederhana mereka melawan alien yang canggih kurang terasa. Boleh dikatakan film ini minim letupan emosi. Seharusnya pertarungan 2 kubu itu bisa terasa sangat heroik. Tidak hanya terasa berat sebelah biasa saja tapi benar-benar harus  terasa menyerupai semut lawan gajah. Ingat bagaimana "Avatar" milik James Cameron pernah memperlihatkan hal serupa? Memang ceritanya biasa saja tapi setidaknya unsur heroik dan sedikit epik masih terasa dalam film tersebut.

Untungnya film ini punya jajaran pemain yang tampil bagus. Daniel Craig memang sangat pantas menjadi seorang Jake yang terlihat sebagai jagoan yang keras. Saya sulit membayangkan jikalau Robert Downey Jr. jadi memerankan tugas ini. Downye Jr memang sempat mengisi posisi Craig dimana ketika itu "Cowboys & Aliens" akan mempunyai unsur komedi juga, tapi "untungnya" Downey Jr mundur dan fokus menjadi Sherlock alasannya yaitu meski ia yaitu pemain drama yang mahir saya rasa Craig lebih pantas untuk posisi ini. Sementara Harrison Ford juga memperlihatkan akting yang juga hebat. Kekurangan justru tiba dari karakterisasi Dolarhyde yang sebelum kemunculannya digambarkan sebagai sosok kejam tapi ternyata tidak sejahat itu. Olivia Wilde? Dia berhasil menampilkan porsi yang seimbang antara akting bagus dan sebagai pemanis.

Satu lagi kekurangan yaitu dalam faktor bromance. Menurut saya akan lebih baik jikalau kombinasi Jake dan Dolarhyde lebih diperdalam lagi. Pasti akan lebih baik dan keren menyaksikan dua orang ini berkombinasi dengan lebih "layak". Gabungan antara jagoan tough dalam sosok Jake dan anti pahlawan yang harusnya lebih kejam dalam Dolarhyde. Tambahan si bagus Olivia Wilde juga akan menyempurnakan hal tersebut. Tapi sayangnya hal itu tidak terjadi dan penggabunngan unik 2 genre yang amat berbeda (western & sci-fi) ini tidak berjalan lancar dan agak mengecewakan.

Artikel Terkait

Ini Lho Cowboys & Aliens (2011)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email