Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Eraserhead (1977)

Film ini yakni film pertama dari seorang David Lynch, sekaligus perkenalan bagi dunia perfilman dunia terhadap gaya penyutradaraan unik dari Lynch yang dikenal dengan sebutan "Lynchian". David Lynch memang hobi menawarkan suguhan unik berupa film surealis yang seringkali susah dimengerti tidak hanya oleh penonton awam tapi juga oleh kritikus film. Bagi saya sendiri ini bukan pengalaman pertama menyaksikan film seorang Lynch sehabis sebelumnya menonton "Blue Velvet" sebagai pemanasan mengingat film tersebut termasuk film Lynch yang paling gampang dimengerti. "Eraserhead" tidak hanya menciptakan pusing banyak orang tapi juga digemari bahkan menerima status "clut classic". Beberapa sutradara tenar bahkan mengakibatkan film ini sebagai favorit mereka, mulai dari Stanley Kubrick hingga George Lucas yang bahkan sempat menawari Lynch untuk menyutradarai Star Wars episode VI.

Henry Spencer (Jack Nance) yang sedang dalam liburan mendapatkan kabar yang mengejutkan dari kekasihnya, Mary X (Charlotte Stewart) disaat Henry sedang berkunjung kerumah mary untuk makan malam bersama kedua orang tuanya. Mary ternyata gres saja melahirkan anak hasil hubungannya dengan Henry. Atas paksaan dari ibu Mary hasilnya Henry bersedia menikahi Mary dan membawa istri dan anaknya untuk tinggal di apartemen sempit milik Henry. Yang mengejutkan yakni wujud dari bayi mereka yang tidak terlihat menyerupai insan tapi lebih menyerupai monster atau mutan kecil. Hal itu yang menciptakan hidup Henry berubah dan dipenuhi hal-hal asing dan mimpi buruk.
Apa sesungguhnya yang ingin disampaikan David Lynch lewat film ini? Adegan-adegan abstrak ditambah karakter-karakter yang tidak kalah asing menciptakan film ini makin unik dan sulit dipahami orang awam menyerupai saya. Apa maksud dari kemunculan gadis dari dalam radiator yang memiliki tonjolan asing di kedua pipinya yang kemudian menari dan menginjak benda-benda menyerupai organ badan yang diawal film digambarkan keluar dari lisan Henry? Apa pula makna dari mimpi Henry yang menunjukkan kepalanya terlepas kemudian penggalan otaknya dipakai untuk menciptakan penghapus? Masih banyak juga adegan-adegan surealis lain yang saya susah mengerti termasuk apa arti sesungguhnya dari bentuk bayi Henry yang lebih menyerupai bayi alien yang dikandung Sigourney Weaver di film "Alien" dibanding bayi insan tersebut?

Setiap penonton dipastikan memiliki interpretasi masing-masing mengingat David Lynch menolak mengungkap arti gamblang film ini. Saya sendiri menganggap film ini sebagai perlambang ketakutan seorang ayah akan kondisi kehidupan yang mengharuskan dirinya merawat anak. Sang ayah benar-benar merasa kehidupan tersebut akan terasa begitu jelek dan merasa sang bayi bagaikan sesosok monster mengerikan yang menangis setiap ketika dan bisa menghancurkan kehidupannya. Tapi tentu saja itu hanya interpretasi saya langsung yang sangat mungkin salah alasannya yakni masih banyak adegan yang saya belum mengerti maknanya.

Tapi mengesampingkan kesulitanya untuk dicerna, "Eraserhead" yakni sebuah suguhan visual yang luar biasa dari David Lynch. Beda dengan Michael Bay yang untuk menghibur penotnon dengan visualisasinya membutuhkan banyak sekali macam pengaruh visual megah, David Lynch bisa menyuguhkan visual luar biasa dengan gambar-gambar unik nan absurd. Menonton film ini bagaikan masuk kedalam dunia mimpi jelek tapi indah. Disebut mimpi jelek alasannya yakni kondisi dunia Henry yang dalam kondisi kacau dan banyaknya adegan-adegan disturbing khususnya yang menampilkan "si bayi". Tapi indah alasannya yakni begitu hebatnya visi dari Lynch untuk menyuguhkan adegan surealis. Benar-benar pengalaman menonton sebuah film luar biasa yang unik.


RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Eraserhead (1977)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email