Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Amelie (2001)

Melihat poster filmnya yang memajang sosok Audrey Tautou sebagai Amelie sekilas mengingatkan saya pada sosok Ibu Dara dari film "Rumah Dara". Wajah pucat, tatapan mata tajam, baju merah dan tidak lupa senyuman misterius. "Apakah ini film horror atau thriller?" saya pikir. Tapi bukan, dan "Amelie" justru menjadi salah satu film paling cerah, paling melegakan dan membahagiakan yang pernah saya tonton. Sebuah film yang mengajak penontonnya untuk bisa berbahagia dalam hidupnya atau setidaknya mencicipi kebahagiaan dan kesenangan selama 2 jam film ini berjalan.

Amelie Poulain (Audrey Tautou) ialah gadis yang sejak kecil tidak mempunyai pergaulan luas dan selalu berada didalam rumah. Itu disebabkan salah diagnosa sang ayah yang menduga Amelie menderita kelainan jantung dan membuatnya "mengurung" sang anak didalam rumah. Kesendirian itu menciptakan Amelie tumbuh menjadi pribadi yang agak introvert dan mempunyai imajinasi yang sangat tinggi. Sampai suatu hari secara tidak sengaja Amelie menemukan sebuah kotak berisi mainan yang sudah tersimpan sekitar 50an tahun di apartemen yang kini beliau tinggali. Amelie tetapkan mencari sang pemilik kotak dan berusahamengembalikan kenangan masa kecil orang tersebut. Keberhasilan menciptakan orang itu senang sekaligus terharu menciptakan Amelie bertekad mengabdikan hidupnya untuk membantu dan membahagiakan orang-orang disekitarnya. Tapi rasanya Amelie malah kesulitan dalam menawarkan kebahagiaan bagi dirinya sendiri.
 
"Amelie" ialah sebuah tontonan yang begitu unik dan penuh dengan aneka macam imajinasi. Penuturan film yang banyak memakai narasi menggelitik dipadukan dengan visual unik nan imajinatif menghadirkan sebuah tontonan yang lucu tapi juga bisa menyentuh. Ada saja hal-hal unik baik dari penggambaran adegan ataupun plot dan jalan ceritanya. Jalan dongeng mengenai siapa sosok bergotong-royong dari seorang laki-laki yang fotonya sering muncul di photo box aneka macam kota juga berhasil menciptakan saya ingin tau hingga hingga pada saatnya kebenaran terjawab yang muncul ialah gelak tawa akhir adonan rasa kagum dan lucu.

Sosok Amelie juga ialah perwujudan akting luar biasa dari seorang Audrey Tautou. Jika diperhatikan obrolan yang beliau ucapkan tergolong tidak begitu banyak lantaran secara umum dikuasai film ini berjalan dengan narasi ayng dibacakan Andre Dussollier. Tapi bagaimana gestur ataupun lisan yang beliau munculkan begitu unik dan menggambarkan aksara Amelie yang memang unik dan memorable. Lihat segala upaya yang dilakukan Amelie demi membahagiakan orang disekitarnya. Semuanya muncul dengan begitu unik, penuh imajinasi.

Begitu pula dengan adegan-adegan yang bergotong-royong bisa menciptakan film ini dikatakan begitu romantis, ibarat bagaimana Amelie mencoba untuk bertemu dengan laki-laki yang beliau suka tapi lantaran beliau tidak mempunyai keberanian sehingga beliau menempuh jalan yang unik untuk bisa bertemu sang laki-laki walaupun tidak secara langsung. Menonton Amelie juga mengingatkan saya betapa bahagianya saya melihat kebahagiaan orang lain akhir menerima santunan dari saya. Kita memang harus membantu sesama tapi jangan melupakan kebahagiaan diri sendiri.

OVERALL: Segala hal di film ini sangat menyenangkan dan unik. Jika ada kekurangan itu tiba dari cara pandang penonton sendiri mengenai segala keunikan dan imajinasi film ini. Mungkin "Amelie" akan begitu menyebalkan bagi beberapa orang yang menganggap film ini terlalu penuh imajinasi yang tidak logis. Saya sendiri sempat mencicipi itu tapi jadinya perasaan itu terkalahkan oleh perasaan kagum atas segala keunikannya.

RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Amelie (2001)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email