Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Pieces Of April (2003)

Ada kalanya sebuah film nyaris sedikit lagi untuk masuk kategori manis dan memuaskan tapi tanggapan beberapa hal yang maunya menciptakan film jadi lebih menarik tapi malah berakibat film tersebut menjadi kurang menarik. Kurang lebih itulah yang terjadi pada "Pieces of April" garapan sutradara Peter Hedqes ini. Ide dongeng yang sederhana bekerjsama sudah berhasil dirangkum dengan begitu kreatif menjadi sebuah hal yang unik dan berpotensi jadi tontonan menarik sekaligus menyentuh.

April (Katie Holmes) yang tinggal sendiri dan berpisah tanggapan keluarganya tanggapan konflik yang terjadi khususnya dengan sang ibu, Joy (Patricia Clarkson). April sendiri memang terlihat ingin hidup bebas. Kini ia sedang berusaha memperbaiki hidup dan hubungannya dengan keluarganya. Bersama dengan sang kekasih, Bobby (Derek Luke) mereka mengundang keluarga April untuk merayakan Thanksgiving di apartemen mereka yang kecil. Tapi ternyata hari yang dibutuhkan menjadi perbaikan kekerabatan tersebut ternyata tidak berjalan lancar. April bermasalah dengan kalkun yang ia masak. Sementara itu perjalanan keluarga April menuju apartemen April juga dipenuhi duduk kasus khususnya dari tingkah laris sang ibu yang tampaknya masih tidak rela memaafkan April.
Sebuah plot yang sederhana bukan? Bagaimana seseorang berusaha menciptakan kalkun yang ia buat simpulan sempurna waktu dan mencari panggangan untuk mengganti panggangan miliknya yang rusak digabung dengan sebuah perjalanan sekeluarga yang seharusnya berjalan cepat menjadi usang tanggapan banyak sekali kelakuan sang ibu yang melaksanakan hal-hal asing menyerupai meminta lewat jalan pintas atau berfoto dengan patung sinter klas. Jujur plot sederhana itu dikemas dengan menarik dan jauh dari kata membosankan. Humor yang ditawarkan juga bekerjsama tergolong segar dan lucu walaupun tergolong satir yang mana tidak sesuai untuk selera setiap orang.

Tapi semua hal itu dimata saya tertutupi oleh karakter-karakter yang menyebalkan. Dua abjad paling menyebalkan ialah Wayne (Sean Hayes) dan Beth (Alison Pill). Wayne ialah sosok tetangga super menyebalkan. Tidak kalah menyebalkan pula abjad Beth yang terus mengeluh mengenai perjalanan mereka untuk menemui sang kakak. Sebenarnya abjad Joy cukup menyebalkan dan jauh lebih nyentrik, tapi motifnya cukup dapat saya terima.

Tapi untunglah film ini intinya masih punya banyak kelebihan lain salah satunya ialah dapat menciptakan saya mendukung abjad April biar usahanya menyuguhkan hidangan Thanksgiving Istimewa bagi keluarganya dan memperbaiki kekerabatan dengan sang ibu dapat berhasil. Saya benar-benar menginginkan happy ending untuknya. Film ini juga memiliki ending yang dikemas dengan cukup unik. Akhir yang sesuai harapan itulah yang menciptakan saya memutuskan film ini bukanlah film yang buruk.

OVERALL: Film yang punya premise menarik dan pengembangannya juga cukup baik, tapi sayang beberapa karakternya sangat menyebalkan dimata saya.


RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Pieces Of April (2003)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email