Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Unknown (2011)

Liam Neeson ialah bintang film yang lengkap. Dia dapat berakting dalam film drama dengan maksimal menyerupai yang ditunjukkan dalam "Schindler's List". Dia juga dapat beraksi dalam film action dengan memadukan kualitas akting dengan postur tubuhnya yang besar menyerupai dalam "Taken". Tahun ini beliau kembali beraksi dalam sebuah film action garapan sutradara Jaume Collet-Serra (House of Wax, Orphan). Disini Liam Neeson berperan sebagai Dr. Martin Harris, spesialis bioteknologi yang dikisahkan kehilangan identitasnya disaat beliau sedang bepergian dengan sang istri, Liz (January Jones) di Berlin.

Martin dan istrinya berkunjung ke Berlin utnuk mengunjungi konferensi mengenai bioteknologi internasional. Sesampainya di hotel Martin menyadari bahwa salah satu kopernya tertinggal di bandara. Hal itu yang membuatnya meninggalkan sang istri di hotel dan kembali ke bandara dengan menaiki taksi yang dikendarai oleh Gina (Diane Kruger). Malang, ditengah perjalanan taksi tersebut mengalami kecelakaan yang menciptakan Martin koma selama empat hati. Setelah sadar Martin justru menemui fakta bahwa istrinya tidak lagi mengenali dirinya dan ada orang lain yang mengaku sebagai Dr. Martin Harris dan mempunyai segala gosip serta identitas dirinya. Apa yang bahwasanya terjadi selama dirinya koma?

Saya sendiri bukanlah penggemar film yang mengandalkan segala adegan agresi berbentuk kejar-kejaran, sabung jotos atapun baku tembak. Saya akui adegan-adegan tersebut dapat membantu menghibur tapi sangat jarang saya hingga mendapat ketegangan dengan menyaksikan adegan action macam itu. Karena itulah aneka macam adegan agresi di film ini tidak terlalu berkesan buat saya. Mungkin yang menciptakan saya paling terkesan dari adegan action itu ialah bagaimana sekali lagi Liam Neeson menunjukkan performa yang elok dan seimbang dalam porsi drama dan action di film ini. Dia memang salah satu bintang film terlengkap Hollywood ketika ini.

Untung film ini mempunyai rangkaian misteri mengenai bagaimana identitas Martin dapat "diambil" oleh orang lain. Entah saya yang kurang cermat, tapi buat saya twist tersebut ialah sebuah twist yang tidak mengecewakan mengejutkan. Saya tidak dapat dengan sempurna menebak apa bahwasanya yang terjadi hingga fakta tersebut diungkap. Bukan twist yang cerdas sebenarnya, tapi tergolong mengejutkan dan tidak terasa menipu. Banyak yang mengkritik film ini terlalu banyak mempunyai twist, tapi saya kurang setuju. Menggolongkan kejutan kecil menyerupai status Gina yang bahwasanya sebagai twist rasanya kurang tepat. Penokohan Rodney yang cukup mengejutkan juga tidak dapat hingga menciptakan film ini dikatakan kebanyakan twist.

Tapi film ini memang tidak lepas dari beberapa adegan tidak logis dan dapat dibilang terlalu menggampangkan dan sangat mengganggu. Salah satunya ialah di tamat film yang menunjukkan bagaimana Martin dapat kembali mengingat segala fakta yang terjadi jawaban sebuah adegan super standar yang bahkan sering kita jumpai dalam sinetron kita. Ayolah, sesudah muncul dengan twist tersebut sungguh sangat disayangkan "Unknown" mempunyai adegan murahan macam itu. Tapi secara keseluruhan "Unknown" ialah film yang menghibur, adegan agresi yang lumayan, twist yang mengejutkan, dan performa elok dari Liam Neeson.

RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Unknown (2011)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email