Thursday, January 31, 2019

Ini Lho Bad Teacher (2011)

Biasanya seorang guru digambarkan sebagai sosok yang menjadi panutan murid-muridnya sehingga patut ditiru perilakunya. Tapi di film garapan Jake Kasdan ini, Cameron Diaz tampil sebagai sosok guru yang hobinya menghisap ganja, kata-katanya kotor, terobsesi pada laki-laki kaya dan punya mimpi membesarkan payudaranya. Sedikit melenceng dari film, tema menyerupai ini buat saya sangatlah menarik alasannya tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada guru, kini ini sosok guru tidak lagi pantas menjadi sosok yang identik dengan kebaikan alasannya sangat banyak sosok guru yang tidak mengabdikan diri dan ilmunya untuk mencerdaskan murid-muridnya tapi hanya peduli kepada uang yang masuk kekantongnya sehingga julukan "pahlawan tanpa tanda jasa" juga sedikit salah daerah untuk beberapa orang guru.

Kembali ke "Bad Teacher", menyerupai yang sudah saya tuliskan tadi, sosok Elizabeth yang diperankan Cameron Diaz memang berkelakuan jelek sebagai seorang guru dan tidak pantas ditiru. Niatnya untuk berhenti mengajar dan menikah dengan kekasihnya yang kaya raya kandas sesudah mereka putus sebelum menikah. Elizabeth yang kembali ke rutinitas sebagai guru Sekolah Menengah Pertama bertemu dengan seorang guru gres yang muda, ganteng dan berasal dari keluarga kaya berjulukan Scott (Justin Timberlake). Ketampanan dan kekayaan Scott terang menciptakan Elizabeth jatuh hati.

Disatu sisi seorang guru olahraga berjulukan Russell (Jason Segel) juga tertarik pada Elizabeth walaupun beliau sadar Elizabeth susah beliau dapatkan beliau tetap berusaha. Untuk mendapat Scott Elizabeth juga harus bersaing dengan guru lain berjulukan Amy Squirrell (Lucy Punch). Beda dengan Elizabeth, Amy dipandang sebagai guru pola yang memperhatikan murid-muridnya. Berhasilkan Elizabeth mendapat Scott? Berhasil jugakah beliau mendapat uang $10,000 untuk operasi pembesaran payudara yang sudah ia impi-impikan?
Banyak yang mengkritisi film ini kosong sekaligus dangkal dalam menunjukkan humor-humornya. Kritikan juga banyak dilontarkan terhadap penampilan Cameron Diaz yang dianggap terlalu menyebalkan baik dari tingkah laris maupun sekedar lisan wajahnya. Saya sendiri awalnya tidak terlalu berharap banyak akan film ini. Tapi nyatanya "Bad Teacher" berhasil mengatakan hiburan yang tidak mengecewakan berhasil untuk saya. Komedinya memang tidak mengecewakan bernafsu dan abjad Elizabeth digambarkan nyaris tidak punya sisi positif. Tapi penampilan Cameron Diaz justru menciptakan saya terhibur dengan segala tingkah laris Elizabeth. Kebobrokan sang guru yang menciptakan orang lain mungkin akan merasa sebal malah menciptakan saya tersenyum. Ditambah lagi Cameron Diaz yang walaupun memang sudah tidak seseksi dulu tapi masih cukup sanggup dijadikan komplemen dalam film ini.

Jason Segel dan Justin Timberlake juga mengatakan performa yang bagus. Saya tidak mengira seorang Justin Timberlake sanggup melaksanakan sebuah adegan "tergila" dalam film ini, dan lagi adegan itu beliau lakukan bersama Cameron Diaz yang tidak lain yakni mantan pacarnya. Salut buat mereka yang sudah dengan baik menyajikan sebuah sex scene yang cukup asing dan konyol. Jason Segel dari segi akting yakni yang terbaik. Sosoknya ayng tidak terlalu menonjol malah mengundang simpati dengan usahanya yang gigih tapi tidak terlihat berleibihan untuk mendapat Elizabeth. Senyum simpul ikhlas yang beliau pasang memang menjadi penyeimbang dari segala kegilaan yang Elizabeth lakukan sepanjang film.

"Bad Teacher" bagi saya yakni sebuah komedi yang menghibur walaupun menampilkan banyak sekali macam lawakan kasar, tapi penampilan ketiga pemain utamanya sanggup menciptakan lawakan itu menjadi hiburan yang menyenangkan. Sayang film ini ditutup dengan konklusi yang terlalu maksa dimana perubahan sikap Elizabeth diperlihatkan terlalu drastis dan tiba-tiba padahal sampai selesai beliau masih memakai cara licik untuk lepas dari hukuman.

RATING:

Artikel Terkait

Ini Lho Bad Teacher (2011)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email