Monday, January 14, 2019

Ini Lho Flight (2012)

Robert Zemeckis kembali menyutradari sebuah live action sehabis terakhir kali melakukannya di tahun 200 lewat dua film, Cast Away dan What Lies Beneath. Tiga film terakhirnya (The Polar Express, Beowulf dan A Christmas Carol) ialah film-film animasi motion capture yang ambisius namun sayang tidak terlalu sukses. Seolah sadar bahwa eksperimen yang ia lakukan selama sekitar satu dekade kurang berhasil, Zemeckis kembali lagi lewat Flight yang dibintangi Denzel Washington. Film ini sendiri menerima dua nominasi untuk Oscar 2013, yakni Best Actor bagi Denzel Washington dan Best Original Screenplay untuk naskah yang ditulis oleh John Gatins. Filmnya berkisah wacana William "Whip" Whitaker (Denzel Washington), seorang pilot veteran yang juga seorang alkoholik dan pengguna narkoba. Bahkan malam sebelum ia menerbangkan pesawat menuju Atlanta Whip masih sempat pesta alkohol sembari bekerjasama seks dengan Katerina Marquez (Nadine Velazquez) yang juga  merupakan pramugari di penerbangan tersebut. Sebelum terbang pun ia masih sempat menggunakan kokain. Bahkan disaat pesawat sudah mengudara ia juga meminum vodka yang secara rahasia dicampurkan kedalam orange juice. 

Sampai kemudian pesawat yang ia kemudikan mengalami gangguan teknis dan memaksanya melaksanakan agresi evakuasi heroik dengan menciptakan pesawat terbang secara terbalik sebelum akibatnya mendarat darurat. Dari 102 penumpang termasuk crew, "hanya" enam orang yang meninggal termasuk dua pramugari. Whip pun dianggap sebagai pahlawan. Hidup Whip seolah benar-benar terselamatkan, apalgi ia kemudian bertemu dengan Nicole (Kelly Reilly), seorang perempuan yang tengah berusaha lepas dari ketergantungan narkoba. Keduanya pun saling jatuh cinta. Namun sehabis dilakukan penelitian, dalam darah Whip ditemukan kandungan alkohol dan narkoba. Hal itu sanggup membuatnya dituduh melaksanakan kesalahan yang berakibat hilangnya nyawa insan dan membuatnya dipenjara seumur hidup. Dibantu oleh rekannya, Charlie (Bruce Greenwood) dan seorang pengacara Hugh Lang (Don Cheadle) Whip berusaha lepas dari tuntutan hukum. Namun di satu sisi ia juga belum sanggup lepas dari permasalahan utamanya: Ketergantungan alkohol.
Flight dibuka dengan sebuah adegan yang begitu menegangkan disaat Whip berusaha mendaratkan pesawat yang tengah mengalami kerusakan tersebut. Bagi saya adegan itu ialah adegan kecelakaan pesawat yang paling menegangkan dalam film. Robert Zemeckis berhasil merangkum suasana teror yang mencekam di dalam pesawat tersebut. Saya ikut terbawa kedalam nuansa horor, panik dan takut yang menyelimuti pesawat tersebut. Momen evakuasi Whip dimana ia menciptakan pesawat itu terbang secara akrobatik dan akibatnya mendarat menjadi terasa sangat heroik. Ketegangan juga tidak hanya ditampilkan di opening. Momen menjelang final pada adegan dimana Whip menghabiskan malam di hotel sebelum menghadiri hearing juga terasa menegangkan dimana Whip benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengkonsumsi minuman keras. Ketegangan muncul disaat saya benar-benar berharap Whip tidak minum lagi semoga ia sanggup terlepas dari jeratan aturan yang menunggunya.

Tentu saja menciptakan penonton simpati pada sosok Whip bukan kiprah yang mudah. Dia ialah seorang alkoholik kelas berat. Walaupun semua orang berusaha membantunya bebas, ia seolah tidak peduli dan masih saja minum. Disaat Nicole yang mencintainya sudah berusaha bebas dari narkoba, Whip masih saja teler. Bahkan disaat ia tahu bahwa bila ia terus minum eksekusi berat sudah menanti, ia tidak peduli. Anak dan istrinya meninggalkan Whip alasannya ialah alkohol, ia juga terancam hancur hidupnya alasannya ialah alkohol, namun Whip masih saja keras kepala. Kaprikornus apa yang menciptakan saya bersimpati? Semua itu alasannya ialah fakta yang terperinci bahwa meskipun ia mabuk, kecelakaan yang terjadi bukanlah salah Whip, alasannya ialah memang mesin pesawat mengalami kerusakan semenjak awal, dan yang Whip lakukan hanyalah melaksanakan pendaratan secara heroik. Untuk kecelakaan tersebut ia ialah murni pahlawan. Tapi ironisnya ia malah tidak sanggup menyelamatkan dirinya sendiri dari kecanduan alkohol. 

Tentu kita sudah sering mendengar kalimat "God moves in a mysterious way". Di film ini, naskah John Gatins benar-benar berusaha menggambarkan hal tersebut. Tuhan bertindak lewat cara yang mungkin paling tidak diduga oleh manusia. Seperti Cast Away ataupun Contact yang merupakan karya-karya Zemeckis, Flight juga menggambarkan wacana tokohnya yang berusaha mencari jalan terang di tengah kegelapan yang ia alami. Siapa sangka Whip punya kesempatan memperbaiki hidupnya lewat jalan menyerupai ini dimana ia bergotong-royong ialah seorang pahlawan namun akhir behavior yang ia tunjukkan, bukannya menjadi hero ia sanggup terjerumus menjadi zero. Denzel Washington sendiri tampil begitu baik sebagai Whip yang alkoholik, keras kepala namun bergotong-royong juga pahlawan dan pilot yang luar biasa. Dia ialah orang yang tengah karam dalam begitu banyak dilema, dan pada akibatnya kita tidak tahu apakah Whip pada akibatnya menemukan Tuhan tapi yang terperinci ia menemukan jalan terang.


Artikel Terkait

Ini Lho Flight (2012)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email